Minggu, 16 Desember 2012

Isolasi Alkaloid


Isolasi Senyawa Alkaloid Dari Ekstrak Metanol Daun Tumbuhan Jambu Keling

Isolasi senyawa dari daun tumbuhan jambu keling (Eugunia Cumini (L) Druce) dilakukan isolasi dengan menggunakan pelarut methanol. Ekstraksi hasil maserasi di asamkan dengan HCL (Ph<2) ditambahkan NH4OH pekat diatur pH 9-13, terbentuk endapan, dikeringkan lalu diekstraksi dengan kloroform, dipisahkan diambil larutan, dipekatkan hingga diperoleh ekstrak kasar alkaloida, lalu dianalisis secara kromatografi lapis tipis dan diisolasi dengan kromatografi kolom menggunakan fasa diam silica gel 60 G kemudian dielusi dengan methanol 100 % dan dilanjutkan dengan campuran Metanol : kloroform (18-2) – (v-v).
Dan Kristal yang diperoleh berbentuk jarum warna kuning kecoklatan dan direkristalisasi  dengan methanol lalu dengan kloroform. Jumlah kloroform yang banyaknya 59 mgram dan diidentifikasi Kristal dilakukan dengan menggunakan spektroskopi Inframerah dan Resonansi Magnit Inti Proton (IH – NMR)

Selengkapnya  : repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/15805/1/skm-jul2005- (7).pdf

4 komentar:

  1. Ekstraksi hasil maserasi diasamkan dengan HCl (Ph<2) lalu ditambahkan NH4OH pekat diatur pH 9-13. permasalahannya apa fungsi dari pengasaman dengan menggunkan HCl tersebut?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Menurut saya hasil ekstraksi diasamkan menggunakan HCl bertujuan untuk melarutkan alkaloid didalam air dalam bentuk garam amina (Robinson 1995) amina bereaksi dengan asam kuat membentuk garam alkilamonium. Jenis reaksi ini untuk memisahkan amina dari zat netral atau zat yang larut dalam air bersuasana asam.
    kemudian dibasakan dengan Na4OH pekat sampai pH 9-10 dan membentuk endapan. Pada reaksi amina dengan asam kuat menghasilkan garam amina, yang dapat dibebaskan dari garamnya dengan membasakan larutan dengan basa kuat seperti Na4OH

    BalasHapus
  4. saya setuju dengan nurhasanah, tujuan dari pengasaman adalah melarutkan alkaloid didalam air dalam bentuk garam amina.kemudian ditambahkan basa Na4OH supaya membentuk endapan, menunjukkan senyawa alkaloid terbebas dari garamnya.

    BalasHapus