Kamis, 21 Juni 2012

Nitril



Nitrile rubber 



Karet Nitrile, juga dikenal sebagai Buna-N, Perbunan, atau NBR, adalah kopolimer karet sintetis dari akrilonitril (ACN) dan butadiena. Perdagangan nama termasuk Nipol, Krynac dan Europrene.
Karet butadiena Nitrile (NBR) adalah keluarga dari kopolimer tak jenuh monomer butadiena 2-propenenitrile dan berbagai (1,2-butadiena dan 1,3-butadiena). Meskipun sifat fisik dan kimia berbeda-beda tergantung pada komposisi polimer tentang Nitrile, bentuk karet sintetis umumnya tahan terhadap minyak, bahan bakar, dan bahan kimia lainnya (Nitrile lebih dalam polimer, semakin tinggi resistensi terhadap minyak tetapi lebih rendah fleksibilitas material).
Hal ini digunakan dalam industri otomotif dan penerbangan untuk membuat selang bahan bakar dan penanganan minyak, segel, dan grommets. NBR kemampuan untuk menahan berbagai suhu dari -40 ° C sampai 108 ° C membuat material ideal untuk aplikasi aeronautika. Nitrile butadiena juga digunakan untuk membuat barang dibentuk, alas kaki, perekat, sealants, spons, busa diperluas, dan tikar.
Ketahanan NBR membuat bahan berguna untuk laboratorium sekali pakai, pembersihan, dan sarung tangan pemeriksaan. Nitrile karet lebih tahan dari karet alam untuk minyak dan asam, tapi memiliki kekuatan lebih rendah dan fleksibilitas. Nitrile sarung tangan yang tetap tiga kali lebih tahan tusukan dari sarung tangan karet alam.
Nitrile karet umumnya tahan terhadap hidrokarbon alifatik. Nitrile, seperti karet alam, dapat diserang oleh ozon, hidrokarbon aromatik, keton, ester dan aldehida.



1 komentar:

  1. Mmmmm . ..
    Ada yang tau gak kenapa nitrile karet umumnya tahan terhadap hidrokarbon alifatik ?

    BalasHapus